Sepuluh Kiat Menggunakan E-mail untuk Mendapatkan Peliputan Media

1. Pikir,pikir,pikir sebelum anda menulis.Tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda menulis dan apa      yang akan hendak Anda capai,Tempatkan diri anda pada posisi orang yang membaca pesan                  Anda.Sebagai profesional media yang sibuk,apa yang Anda lakukan ketika menerima pesan ini-          menerbitkan atau membuang nya?
2. Tetapkan target yang sempit secara cermat.Dapatkan koneksi yang berkualitas, abaikan  kuantitas.      Jangan mengirim pertanyaan,rilis berita,atau pengumuman ke media yang tidak  relevan.Pilih              target media dengan cermat,berdasarkan industri atau profil pembaca media yang Anda  targetkan      Pelajari media yang dikirimi anda e-mail.Tulis dengan gaya editornya.Permudah  mereka  untuk          menggunakan tulisan Anda.
3. Persingkat tulisan anda.Ringkas pesan e-mail Anda sehingga memenuhi satu hingga tiga layar            komputer.Buat paling banyak tiga hingga empat paragraf.Jangan mencoba menjual produk Anda        pada media.Coba tarik minat mereka dan pancing mereka agar meminta lebih banyak informasi.
4. Pastikan topik dan konten pesan anda relevan dengan target Anda.Topik dan konten harus                    mempunyai nilai berita dan waktu nya tepat.
5. Bila anda ingin memublikasikan sebuah produk atau jasa,atau ingin mendapatkan ulasan untuk            buku atau sofware baru,gunakan pendekatan dua langkah:Cari tahu dengan umpan dan sudut              berita   sebelum Anda mengirim rilis berita atau artikel,atau tawarkan ulasan nya pada mereka            yang meminta.Tawaran ulasan gratis,Untuk menghindari menerima jawaban kesal dan komplain          atas kiriman e-mail yang tidak di minta,kirim e-mail singkat minta izin untuk mengirim liris                sebelum melakukannya.
6. Sesuaikan materi yang Anda kirim dengan gaya atau konten editorial media.Datangi sebuah                perpustakaan,baca publikasinya secara online,atau tulis dan minta media kit gratis serta contoh            majalah atau jurnal.Pelajari gaya dan konten media tersebut.Lalu tulis dengan gaya yang mereka        sukai.Usahakan menjalin hubungan jangka panjang sebagai kontributor tetap.
7. Alamatkan setiap pesan e-mail secara terpisah ke media yang Anda targetkan.Jangan terburu buru      dan kirim setiap pesan e-mail secara pribadi.Jangan pernah mengirim pesan e-mail ke beberapa
    alamat sekaligus.Itu adalah cara termudah untuk dihapus sebelum dibaca.
8. Baca,baca ulang,dan baca ulang,tulis,tulis ulang, dan tulis ulang,sebelum Anda mengklik untuk          mengirim.
9. Bersikaplah jujur pada diri sendiri dan koneksi media Anda.Jangan membuat klaim tentang                  produk  atau jasa Anda.Jangan memuat klaim tentang produk atau jasa Anda yang tak dapat Anda      buktikan.
10.Tindak lanjuti waktu,dengan tulisan yang akurat dan profesionalisme.Ingat,di ujung sana ada               orang yang menerima pesan Anda.Kesuksesan Anda dengan media tergantung pada sikap hormat       Anda terhadap media dan sikap santun serta kredibilitas ,reputasi,serta kinerja anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berdamai Dengan Diri Sendiri

Magnet Rezeki